اتّبعوا ولا تبتدعوا فقد كفيتم

Jalan Hidup Terbaik Adalah Jalan Di Atas As-Sunnah

Buah Semangka Dan Khasiatnya..

Tinggalkan komentar


Semangka, Racun Pun Kabur

Ibnul Qayyim rahimahullah secara detil mengungkapkan manfaat mengonsumsi semangka dalam bukunya “Thibbun Nabawi” (The Prophetic Medicine ). Ulama sekaligus pakar kesehatan ini menyatakan bahwa mengonsumsi semangka bisa membersihkan tubuh dari racun-racun serta membantu mengeluarkan batu ginjal.

Masih kata Ibnul Qayyim, semangka lebih mudah dicerna daripada ketimun.

Semangka bermanfaat untuk mengatasi demam, sedangkan apabila dimakan bersama jahe maka bisa digunakan sebagai terapi mengatasi kedinginan. Untuk memperoleh efek kesehatan yang maksimal maka dianjurkan mengonsumsinya pada saat musimnya dan dimakan sebelum makan, sehingga bisa membersihkan perut dan menghilangkan penyakit darinya.


GARA-GARA LYCOPEN
[1]

Semangka juga merupakan sumber betacarotene. Kulit buah semangka adalah sumber alami citrulline, asam amino yang merangsang produksi nitric oksida yang memperlancar aliran darah melalui pembuluh arteri.

Penelitian telah membuktikan bahwa mengkonsumsi semangka dapat mengurangi resiko terhadap beberapa jenis kanker. Riset yang dilakukan di Korea membuktikan bahwa laki-laki yang mengonsumsi banyak semangka, desertai dengan buah lainnya, memiliki resiko yang lebih rendah dari terkena kanker kolorectal (usus dan rektum). Demikian pula semangka bisa mencegah serangan kanker rongga mulut, kanker kerongkongan, kanker lambung, kanker usus besar, kanker anus. Penelitian yang lain menemukan bahwa orang yang mengonsumsi semangka, disertai dengan makanan lain yang mengandung carotenoid yang tinggi, beresiko rendah terkena kanker prostat.

Subhanallah, kok hebat sekali khasiat semangka, apa sih rahasianya? Usut punya usut ternyata karena Lycopene, antioksidan yang terdapat pada semangka. Lycopen sendiri sebenarnya adalah salah satu jenis Karotinoid seperti halnya Betacarotene. Istimewanya, antioksidan Lycopen lebih tinggi disbanding yang lain, seperti vitamin C dan E, kekuatan Lycopene dalam memerangi radikal bebas jauh lebih ampuh. Lagi-lagi radikal bebas biangnya. Radikal bebas ini berkeliaran di dalam tubuh manusia sehingga menyebabkan tubuh lemah hingga mudah diserang penyakit, kulit cepat keriput dan organ jadi cepat tua disbanding usianya. Radikal bebas muncul karena pola makan yang buruk, dan polusi. Stress termasuk faktor penting yang membuat radikal bebas bergentayangan. Ups….Ayo tangkal segera semuanya dengan antioksidan ! Lycopene salah satunya. Lycopene inilah yang mampu menumpas bibit kanker. Makan semangka setiap hari dengan porsi yang tepat sangat bagus mengurangi resiko kanker mulut rahim dan pankreas pada wanita.

Bonus yang bisa dipetik lagi, Lycopene berguna untuk membuat wajah tampak bercahaya, segar dan awet muda. Subhanallah betapa istimewanya semangka.

(Diambil dari majalah elfata edisi 01, volume 12, tahun 2012 dengan sedikit tambahan dan perubahan bahasa)


[1] Lycopene (from the New Latin word lycopersicum for the tomato species name) is a bright red carotene and carotenoid pigment and phytochemical found in tomatoes and other red fruits and vegetables, such as red carrots, watermelons and papayas (but not strawberries or cherries). Although lycopene is chemically a carotene, it has no vitamin A activity.

Penulis: abu ubaidah

الفقير إللى مغفرة ربّي

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s